Monday, March 28, 2011

Dreams....Walikukun people in every era

Perkembangan masyarakat, di kaitkan dengan perkembangan taraf ekonomi, teknologi dan informasi juga menjadi bagian yang integral bagi masyarakat desa Walikukun.
Tidak dapat di pungkiri bahwa arus perubahan baik yang bersifat lokal maupun global turut mempengaruhi pola hidup (lifestyle),kebutuhan, cara berpikir dan konsumerisme masyarakat, termasuk masyarakat desa Walikukun.Perubahan tersebut tentunya juga di tunjang oleh perbaikan dari sisi ekonomi masyarakat Walikukun.
Sepeda onthel
Memang secara umum harus di akui bahwa masyarakat Walikukun masih dalam bagian sebagai "follower" dari arus perubahan.Bukan dan belum sebagai "Trendsetter".
Tapi tidak mejadi masalah......dari pada tidak ikut dalam arus perubahan (tentunya dari sisi yang positif) sama sekali sehingga komunitas masyarakat tersebut menjadi tertinggal, tertutup dan tampak sebagai sesuatu yang aneh di masa - masa saat ini.

Melihat masa lalu saya ingin menyampaikan opini saya secara obyektif dan subyektif mengenai barang - barang yang ingin di miliki seseorang atau sebuah keluarga dari setiap era terutama di masyarakat Walikukun.Sengaja saya saya pilih 3 (tiga) macam produk saja, setidaknya hal ini dapat menjadi sebuah gambaran dari perubahan : kebutuhan,lifestyle, taraf sosial dan ekonomi, perkembangan teknologi, dan lain - lain.

Pada Dekade tahun 70 an s/d tahun 80 an, 3 (tiga) barang yang ingin di miliki oleh masyarakat Walikukun adalah :
Radio Transistor
1. Sepeda
2. Radio 
3. Jam Tangan

Dan di Era tahun 80 an s/d tahun 90 an, 3 (tiga) produk yang amat di inginkan mayoritas masyarakat Walikukun adalah :
1. Televisi
2. Kulkas
3. Seterika Listrik
Jam Tangan Keren

Selanjutnya di era 90 an s/d tahun 2000 an, yang di inginkan oleh orang - orang Walikukun, menurut analisis saya, adalah :
1. Rumah yang bagus
2. Sepeda Motor
3. TV Flat



Terlihat jelas bahwa di sadari atau tidak, perubahan keinginan dan kebutuhan masyarakat Walikukun, menjadi salah satu cerminan dari berkembangnya taraf sosial dan ekonomi masyarakat.Semoga perubahan ini selalu berdampak positif.Masyarakat Walikukun semakin sejahtera,tetap rukun, kompak dan damai.Tidak terjebak dalam arus negatif dari dampak perubahan ......Semoga. 

No comments:

Post a Comment