Friday, November 26, 2010

Balas membalas.....tanpa akhir.......

Civil War
“Apakah kamu ingin membunuhnya Buck?”
“O, sudah tentu, jangan tanya lagi”
“Kenapa? Apa yang dilakukannya kepadamu?”

“Dia? Dia tidak pernah melakukan sesuatu kepadaku”
“Lalu, kenapa kamu ingin membunuhnya?”
“Mengapa? Bukan karena apa – apa…..hanya karena suatu permusuhan”.
“Permusuhan apa?”
“Untuk apa kau mengungkit – ungkitnya? Kau tidak tahu permusuhan apa?”
“Belum pernah mendengarnya….coba ceritakan kepadaku”.
“Baik”, kata Buck, ” Permusuhannya begini : Seseorang telah bertengkar dengan seseorang yang lain, dan membunuhnya; lalu saudara terbunuh itu membunuh orang itu; kemudian saudara – saudara kandung kedua belah pihak saling membunuh satu sama lain; selanjutnya menyusul saudara – saudara sepupu melibatkan diri; kemudian saudara – saudara dari saudara – saudara sepupu menyusul, lalu saudara – saudara dari saudara dari saudara dari saudara – saudara sepupu, sampai akhirnya setiap orang saling membunuh”.
“Apakah permusuhan ini sudah lama berlangsung, Buck?”
“Oke, tunggu, coba saya ingat – ingat dulu. Yah, saya kira bermula kira – kira 30 tahun yang lalu, atau yah sekitar – sekitar itulah, mungkin lebih sedikit. Ada perselisihan mengenai sesuatu, dibawa ke pengadilan untuk mendapatkan penyelesaian; pengadilan memenangkan salah satu pihak, dan mengalahkan pihak yang lainnya. Pihak yang dikalahkan marah dan menembak pihak yang dimenangkan. Tindakan inilah satu – satunya yang dapat dia lakukan. Saya kira wajar, saya yakin setiap orang pasti melakukannya.
“Apa obyek perselisihan itu Buck?…tanah?”
“Mungkin,….. saya tidak tahu persisnya”
“Lalu, siapa yang melakukan penembakan tersebut? Apakah Grangerford atau Shepherdson?”
“Ya Tuhan, bagaimana saya tahu? Kejadiannya sudah begitu lama terjadi.
“Apakah tidak ada seseorang yang tahu?”
“Oh ya, tentu saja ada, saya kira bapak saya tahu, dan beberapa orang tua lainnya; tetapi mereka tidak tahu apa pokok perselisihan yang pertama”.
kutipan dari : The Adventures of Huckleberry Finn – Mark Twain.

Menjadi keprihatinan kita....masih saja terjadi konflik,pertikaian dan perkelahian antar sesama umat manusia ciptaan Tuhan.Pertikaian antar suku di papua..., perkelahian antar pelajar,dll.
Sebetulnya apa yang dicari dari semua peristiwa tsb....?

No comments:

Post a Comment