Tuesday, March 27, 2012

Berbagi pengalaman...program penurunan berat badan ala Walikukunan...

Ada banyak penawaran program penurunan berat badan...pelangsingan tubuh yang ditawarkan oleh para produsen obat - obatan, herbal maupun lembaga - lembaga kebugaran...seperti fitness center...salon kecantikan dan kesehatan dan lain - lain.Semua hal diatas adalah baik...tapi tentunya harus jeli dan cermat dalam memilihnya....berkaitan dengan : keamanannya bagi kesehatan tubuh kita juga berkaitan dengan budget yang harus kita sisihkan untuk menjalankan program tersebut.

Bagaimana dengan saya?
Walau saat saya menuliskan artikel ini...berat badan saya belum pada taraf ideal dan masih dalam upaya untuk menurunkannya...tapi saya memberanikan diri untuk berbagi....
Sampai dengan periode bulan Oktober 2011 berat badan saya mencapai 99 kg....sampai saya malu kalau harus menimbang badan saya....dengan tinggi badan hanya 174 cm....bayangin kayak apa tuh...memang agak sedikit tertolong karena struktur tulang saya tergolong besar.
Kini di medio Maret 2012....posisi timbangan saya pada 83,5 kg....memang sih masih jauh dari ideal....tapi bolehlah saya berbagi....bagi teman - teman yg dulu kondisinya seperti saya.....sekaligus menjadi motivasi buat saya yg telah berbagi untuk terus berupaya menjadi lebih ideal dan sehat di masa - masa yang akan datang...

So apa yang saya lakukan dalam fase program penurunan berat badan tersebut...?
Ikut kelas kebugaran atau fitness?.....No.
Konsumsi obat pelangsing...baik dalam sedian kapsul atau jus?...No.

Karena sakit?....eeemmh...tentu Tidak.
Jadi apa donk....?


Ini step by step yang saya lakukan...
I.Mengurangi dan mengatur asupan makanan dalam tubuh.
- Pagi   : Sarapan cukup dengan sereal, atau susu low fat.
- Siang :  Antara jam 13.00 - 16.00, makan siang...makan berat...bolehlah dengan porsi yang banyak.
- Malam : tidak makan berat lagi...bila terasa lapar...makanlah Kracker yg tawar...cukup 2 potong, atau makan buah secukupnya.Dan ini rutinitas yang saya lakukan yaitu minum teh hangat tanpa gula...merk teh nya...suka - sukalah sesuai selera...yang penting sudah ter daftar di POM...biar aman gitu.

II. Olahraga
- sedapat mungkin lakukanlah olahraga...sesuai dengan hobi kita ...bisa senam, bulu tangkis, futsal, jogging..apa sajalah.Kalau bisa setiap hari...atau setidaknya setiap 2 hari sekali...dengan durasi tidak usah lama - lama...cukuplah 15 atau 20 menit saja.Rekomendasi Olahraga yang saya lakukan adalah kombinasi antara stretching, senam dan beban.Anda dapat menggunakan barbel ringan untuk wanita sekitar 2 kg; untuk pria dpat menggunakan barbel 3 kg. lakukan kombinasi gerakan barbel dengan dengan total sebanyak berat badan x 11.Contoh : Berat badan 80 kg ---> 80 kg x 11 = 880 kg; dengan barbel 3 kg ---> 880 : 3=  293, pembulatan 300x gerakan dengan berbagai variasi.Olah raga ringan yang saya jalankan...simple dan cukup dengan 3 s/d 4 lagu yang kita putar dengan MP3 kita sambil menjalaninya....selesai...mudah bukan?

III. Berdoa
Ini hal sangat penting.
Ingat setiap makanan yang kita terima dan makan....adalah berkat dari Tuhan.Kita berdoa dan mengucap syukur...atas kebaikan Tuhan...dan mohon berkatNYA...agar makanan yang kita makan....baik dan menyehatkan tubuh kita.
kiri : before
kanan : after


















#Dan ada satu tambahan lagi...ini sangat bagus sekali untuk membantu proses penurunan berat badan dan membuat bentuk tubuh proporsional....yaitu dengan ikut donar darah rutin...setiap 3 bulan sekali.Kelayakan kita untuk bisa turut serta menjadi pendonor tentu tergantung dari niat keinginan kita juga dari kelayakan kondisi tubuh kita di PMI.Ini sangat baik...dari sisi kemanusian dan sosial itu jelas...terus bagi diri kita sebagai pendonor tentu juga sangat baik bagi kesehatan tubuh kita.Perbaikan sirkulasi darah, metabolisme tubuh yg lebih baik.Dengan pengaturan pola makan dan gizi yang seimbang....donor darah dapat membantu percepatan proses penurunan berat badan yg berlebihan.

Simple bukan...?
Bila ikut program yang ditawarkan oleh lembaga - lembaga kebugaran...dan hal itu memang baik...tentunya perlu ekstra biaya dan waktu....sementara yang saya jalankan justru bisa jadi penghematan...betul apa betul?
Tahap awalnya...mungkin agak berat pada 1 minggu pertama...tapi setelah itu biasa dan ringan saja kok...karena tubuh kita mulai beradaptasi dengan pola yang sedang kita jalankan.

So...bagi yang sreg dan cocok...selamat mencoba...semoga berhasil....

2 comments:

  1. thank's a lot bro.... i hope so can follow your tips...

    ReplyDelete
  2. Selamat mencoba bro....logikanya sederhana...setiap detik tubuh kita perlu energi utk hidup...bahkan saat tidur pun..perlu energi..dimana organ tubuh kita masih bekerja..misalnya jantung,paru paru,dll...energi itu didapat dari...metabolisme tubuh dari asupan makanan...bila asupannya kita kurangi...maka cadangan energi dari tubuh kita(dari lemak dan protein)...akan dipakai...disitulah proses...penurunan berat badan...terjd.Bila pola diatas dijalan...coba timbang bb anda sebelum tidur...dan bandingkan dengan saat pagi hari anda bangun...pasti ada penurunan(walau sedikit)...itu indikasi yg positip.Good luck...brow

    ReplyDelete