Friday, October 14, 2011

Bijak dan cerdaslah dalam pemakaian Credit Card

Uang adalah hamba yang baik...
Tapi Tuan yang amat buruk dan kejam

Apa yang dilakukan orang tempo dulu....bila mempunyai niat dan keinginan untuk membeli barang....dimana uang yang ada saat itu belum mencukupi untuk membeli barang tersebut.Ambil contoh....seseorang ingin membeli sepeda....tapi uangnya belum cukup.Mereka dengan tekun menabung.....bisa di bank (saat itu di Walikukun orang menabungnya di kantor pos atau di BRI) atau juga di celengan.
Dengan tekun dan sabar mereka terus menabung....mungkin sampai 6 bulan, dan setelah uangnya cukup....baru pergilah dia ke toko sepeda dan membelinya secara tunai.
Ada juga yang biasa dilakukan oleh ibu - ibu....yaitu dengan cara arisan....komunitas ibu - ibu sekitar 20 atau 30 orang berkumpul untuk arisan...atau menabung bersama - sama.Nama peserta arisan di undi...untuk mendapatkan giliran mendapatkan bagian uang....dari program menabung bersama ini....tentu uang yang terkumpul lumayan besar...sehingga bisa di pakai untuk membeli atau mewujudkan planning mereka.Disamping juga sebagai sarana untuk membina keakraban dan persaudaraan dalam lingkup komunitas tersebut.

Cara diatas....adalah cerita masa lampau....dan banyak orang yang mengatakan sudah kuno dan ketinggalan jaman.Dulu masyarakat berupaya mendapatkan sesuatu dengan menabung....dan tidak dengan berhutang.
Credit Card...menjadi penolong anda
atau..akan membuat anda menderita?

Era masa kini....dengan ditunjang oleh kemudahan prosedur dari perbankan dan lembaga keuangan lainnya, mendorong masyarakat terutama kelas menengah ke bawah....menjadi konsumtif.
Untuk mendapatkan barang yang  diinginkannya....kita bisa mendapatkannya dengan fasilitas kredit alias berhutang.

Dalam tulisan kali ini saya ingin mengulas mengenai cara "Bijak dan cerdas dalam pemakaian Credit Card".
Bagaiamana....outlet - outlet tempat shopping di Walikukun...apakah sudah bisa menerima pembayaran dengan Credit Card?.....sampai ditulisnya artikel ini....memang belum (syukurlah).
Kartu yang biasanya berukuran 8,5 cm X 5,5 cm ini....memang sangat sakti...anda walau tidak punya uang sepeserpun di kantong....asal anda punya Credit Card...dan masih tersisa limit tertentu....anda bisa belanja kebutuhan dan keinginan anda dengan leluasa dan santai.
Dan untuk memiliki kartu tersebut....terbilang relatif mudah...bahkan amat dimudahkan...oleh para agent bank - bank penyedia layanan kredit.Mereka banyak melakukan promo dan penawaran di mal - mal dan pusat pembelanjaan di seluruh kota - kota.
Hal - hal yang tampak mudah dan simple....ini dia yang bisa membuat kita pusing tujuh keliling...setelah dengan entengnya...main gesek Credit card untuk belanja ini itu....yang kadang tidak sesuai dengan kebutuhan riil kita...tidak sesuai dengan kemampuan keuangan kita....dan lebih didorong oleh sifat konsumtif kita......be careful ....bro and sis.....
Cukup banyak teman - teman termasuk saya sendiri....yang menderita akibat kurang berhati - hati dalam menggunakan Credit Card.Sepertinya...hutang nggak habis - habis...nggak lunas - lunas...padahal jarang dipakai...tiap bulan bayar terus ...kok sudah setahun nggak beres - beres.
Mmmmhhhh.....stress..deh jadinya.
Jadi punya Credit card...nggak baik donk...dan bikin susah kita donk?
Jawabnya adalah sederhana pada saat anda menggunakannya dengan bijak....yaitu menjadikannya sebagai alat pembayaran, dimana sebenarnya anda punya kapasitas untuk membelinya secara tunai...itu fine ...fine ..saja dan sebelum jatuh tempo anda sanggup melunasi seluruh tagihan.Karena ada....beberapa produk yang memberikan potongan harga dan bonus tambahan yang menarik bila kita membelinya dengan menggunakan credit card.Atau...anda bisa saja membayarnya dengan cicilan...tapi pastikanlah anda bisa membayar dengan cicilan setidaknya 30% dari total tagihan...dan memastikannya lunas setidaknya dalam 3 bulan saja.
Tapi....bila tidak demikian seperti diatas....sungguh hal itu akan menyiksa anda dan sangat menganggu managemen keuangan anda.
Credit card ibarat pisau....bila anda bijak dan bisa mengendalikannya denga baik...itu sangat berguna dan sangat membantu anda, misalnya untuk masak dan lain - lain.....
Tapi bila anda tidak cakap memegang pisau...anda bisa tersayat dan terluka oleh pisau itu....
Berikut ini saya tampilkan hitung - hitungan sederhana pemakaian Credit Card....bila anda membayar cicilan dengan cicilan sedang dan minimum.
Contoh : anda berbelanja dengan nominal Rp. 5.000.000,-, anda membayar selalu tepat waktu dan nggak pernah telat,hanya sekali bertransaksi.....bila anda membayar cicilan dengan nominal sedang....hutang anda baru lunas setelah 14 bulan membayarnya...dengan pengeluaran uang  total 7 jutaan.
Dan lebih parah lagi...bila anda membayarnya dari minimum total tagihan,walau nggak pernah telat bayar, dan nggak pernah kena denda, untuk pembelanjaan 5 juta diatas...diperkirakan hutang anda baru lunas dalam tempo 37 bulan...alias 3 tahun plus 1 bulan, dengan total uang yang anda bayarkan sebesar 8,5 jutaan.
Puyeng nggak?????
Jadi....pesan utama kali ini untuk teman - teman semua dan saya....bijaklah dalam menggunakan kemudahan - kemudahan yang ditawarkan oleh Credit card.
Silahkan lihat ilustrasi dibawah ini.....
Ilustrasi Pembayaran cicilan Credit Card minimum

No comments:

Post a Comment