Tuesday, August 17, 2010

Nyari Fitrah


Seperti tulisan sebelumnya....yaitu melihat masa lalu dan sejarah dengan perspektif masa kini serta memaknainya dengan cerdas sehingga menjadi sarana pembelajaran yang baik.

Ya...mencari Fitrah topik kali ini....
Dimasa lalu setiap hari Idul Fitri atau lebih akrab di sebut...Botdho'..agak sulit menuliskanya dibandingkan dengan mengucapkannya sehingga tidak menimbulkan salah arti, selalu ramai dan padat dengan banyak hadirnya masyarakat dari sekeliling wilayah desa walikukun....ada dari ngrambe, banyuasin, sekaralas, banyubiru, dll...terutama anak - anak kecil sampai dengan remaja tumpah ruah di wilayah walikukun terutama di sekitar pasar.

Ya tradisi baik...anak - anak mendatangi rumah - rumah untuk ber-halal bi halal...walau tidak saling kenal.Untuk kegiatan yang satu ini...saya pernah ikutan ber-halal bi halal....ya ada motif tambahan dalam bersilahturahmi saat "Botdho" yaitu...nyari Fitrah.Maksud mencari fitrah tidak sekedar mendapatkan maaf dan doa dari para orang tua...., tapi juga mendapatkan bonus uang.
Ya....uang itu salah satu motivasinya.
Uang yang terkumpul...banyak yang dimanfaatkan para anak - anak dan remaja untuk membeli sesuatu yang menjadi kesenangan mereka.Salah satunya : sandal, bakso,gambar,kembang api,air mancur..bahkan sampai dengan mercon.
Masihkah tradisi seperti itu...bertahan saat ini...?
Anak -anak sekarang tentu sudah jauh berbeda dengan anak -anak masa lalu...sekarang sudah pakai handphone semua...dan tentu agak gengsi untuk keliling..nyari fitrah.

No comments:

Post a Comment