Saturday, April 17, 2010

Apa dan Siapakah Kalidoni?


Di sebelah utara pintu lintasan kereta api Walikukun, dulu ada sebuah rumah tingkat dari kayu, dimana penghuni rumah tersebut dikenal sebagai "Kalidoni".

Apa dan siapakah kalidoni?
Kaledonia Baru (bahasa Perancis: Nouvelle-Calédonie) adalah sebuah negeri seberang laut milik Perancis terletak di Samudra Pasifik bagian selatan. Juga dinamai Kanaki yang dari nama penduduk asli kepulauan itu. Negara kepulauan ini telah dikuasai Perancis selain Polinesia Perancis. Status ini dikenakan sampai 1998. Namanya berasal dari bahasa Latin Skotlandia. Ibu kotanya ialah Noumea.
Daerah ini dihuni oleh sebagian suku Jawa. Dahulu orang Jawa di Kaledonia Baru menjadi kuli kontrak atau mencari kehidupan lebih baik di negeri asing. Perpindahan orang Jawa di Kaledonia juga sama dengan orang Jawa Suriname, namun kepindahan orang Jawa di Pasifik telah terhenti sejak 1949.
Jumlah penduduk Kaledonia Baru tercatat tanggal 1 September 2006, yaitu: 237.765 jiwa.
Orang Jawa di Kaledonia Baru tetap menggunakan bahasa Jawa sebagai bahasa sehari-hari, namun kini anak-anak mudanya sudah tak bisa berbahasa Jawa, hanya bisa berbahasa Perancis saja.
Ya ada kemungkinan " Kalidoni" adalah salah satu dari bagian orang - orang jawa yang pernah tinggal disana pada masa kolonial Belanda, dan akhirnya eksodus kembali ke jawa, tepatnya di desa "Walikukun".
Dimana sekarang generasi "Kalidoni"?
Hal ini sama menariknya mengulas komunitas "Belanda Depok" yang akan saya coba tampilkan di tulisan - tulisan mendatang.

No comments:

Post a Comment